cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
PERISTIWA TALANGSARI DI WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN 1989 Faradia Indratni; Iskandar Syah; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.6 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the causes of the events in Way Jepara Talangsari eastern Lampung 1989. The method used in this research was descriptive method. Data collection techniques were using observation, interviews, documentation and literature. Data analysis techniques were using qualitative data analysis. From this study it showed that the factors that cause Talangsari events in Way Jepara East Lampung in 1989 was a factor of SARA (ethnic, religious, racial, sectarian) which is exclusive attitude of Warsidi congregation have an impact on their attitudes to society in Talangsari by making the relationship between them becomes not harmonious and political situation factor of Orde Baru has felt undermined the purity of Islam and failed in prospenas the people.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab Peristiwa Talangsari di Way Jepara Lampung Timur tahun 1989. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa faktor penyebab peristiwa Talangsari di Way Jepara Lampung Timur tahun 1989 adalah faktor SARA (suku, agama, ras, antar golongan) yaitu sikap eksklusif jemaah Warsidi telah berdampak terhadap sikap mereka kepada masyarakat Dusun Talangsari sehingga membuat hubungan diantara keduanya menjadi tidak harmonis dan faktor situasi politik Orde Baru yang dirasa telah merusak kemurnian agama Islam serta gagal menyejahterakan rakyat.Kata kunci : jemaah warsidi, peristiwa, talangsari
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ACC TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA Ucep Saifulloh; Wakidi Wakidi; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.76 KB)

Abstract

The aims of this research were to know there is an significant influence or not and the level of significant influence of Collaborative Academy Contstructive Controversy Learning model toward students critical thinking ability in studying history at X 2 class of SMA Negeri 1 Palas Lampung selatan in academic year 2014/2015. The method that was used was quantitative design. According to the data analysis, it could be concluded that there was an significant influence and the level of significant influence of Collaborative Teaching method type of Academy Constructive Controversy was 0.95.Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Contstructive ControversyTerhadap Kemampuan Berfikir Kritis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidakpengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh model Pembelajaran Kolaboratiftipe Academy Constructive Controversy terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain preeksperimen. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh model Pembelajaran Kolaboratiftipe Academy Constructive Controversy adalah sebesar 0,95.Kata Kunci:acc,kemampuan berfikir kritis, model pembelajaran
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA Rahmawati Rahmawati; Iskandarsyah Iskandarsyah; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.553 KB)

Abstract

The purpose ofthis study was to determine whether there is a significant effect and the magnitude of the effect of the media use blogs to increase students' motivation in Class XI History Lesson Social Sciences Way Jepara high school academic year 2014/2015 . The method used is experimental with a single experimental design. Based on the analysis of quantitative data can be concluded that there is significant influence and magnitude of the effect of the media use blogs to increase students' motivation is equal to 0.54.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penggunaan media blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun Ajaran 2014/2015.Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain eksperimen tunggal.Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penggunaan media blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah sebesar 0.54.Kata kunci:blog, media,motivasi belajar
USAHA PEMULANGAN TENTARA JEPANG DAN EVAKUASI APWI KE NEGARANYA TAHUN 1945-1947 Muhammad Aji Wira Wardhana; Maskun Maskun; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.026 KB)

Abstract

The purpose of this research was to find out what are the Indonesian Government`s efforts in repatriation and evacuation of Allied Prisoners of Wars and Internees and Japanese Army in Indonesia in 1946-1947. The research method was the descriptive method. The data collection technique was literature study technique and documentation. The data analysis technique was the qualitative data analysis. Based on the results of the research, the work done in Indonesian Government`s repatriation of Japanese Army and Evacuation Allied Prisoners of Wars and Internees (APWI), Repatriation of Japanese Army through two pathways, namely overland by train and truck, and sea lanes by using wooden boats and iron boats, Allied Prisoners of wars and internees (APWI) evacuation using three lines, overland by train and truck, the sea route using wooden boats and irn boats, and air lines using Dakota aircraft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apa sajakah Usaha Pemerintah Indonesia dalam Pemulangan Tentara Jepang dan Evakusi Allied Prisoners of Wars and Internees (APWI) di Indonesia tahun 1946-1947 . Penelitian ini menggunakan metode Historis dengan teknik penelitian studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, usaha yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam pemulangan tentara Jepang dan Evakuasi Allied Prisoners of Wars and Internees (APWI) yaitu pemulangan tentara Jepang melalui dua Jalur, yaitu jalur darat dengan menggunakan kendaraan Kereta Api, dan Truk dan jalur laut dengan menggunakan kapal kayu dan kapal besi, Evakuasi Allied Prisoners of Wars and Internees (APWI) menggunakan tiga jalur, yaitu jalur darat dengan menggunakan kendaraan Kereta Api dan Truk, jalur laut menggunakan kapal kayu dan kapal besi dan jalur udara dengan menggunakan Pesawat tipe Dakota.Kata kunci: apwi, tentara jepang, usaha
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Meliyan Rinja Mustika; Syaiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.994 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect and how much the significance level of the influence of documentary media utilization on the magnitude learning outcomes of Class VIII students at SMPN 1 Buay Bahuga Way Kanan school year 2014/2015. The method used was quantitative with a quasi-experimental design. Based on the analysis of quantitative data can be concluded that there is significant influence and the amount of the significance level of documentary media utilization effect is equal to 0.481.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh pemanfaatan media film dokumenter terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VIII di SMPN 1 Buay Bahuga Way Kanan tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh pemanfaatan media film documenter adalah sebesar 0,481.Kata kunci: film, hasil belajar kognitif, media pembelajaran
PERANG PAREGREG PADA MASA PEMERINTAHAN WIKRAMAWARDHANA TERHADAP POLEKSOSBUD DAN HANKAM KERAJAAN MAJAPAHIT Noviandi Noviandi; Tontowi Amsia; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.913 KB)

Abstract

The aim of this research was to know the impact of paregreg war in the wikramawardhana's government era toward politic, social, culture, defense and security of Majapahit kingdom. The method used is Historical Research Method. Data analysis technique used was qualitative data analysis. The result of this research showed that the brothers' war that happened in Majapahit gave impacts to some aspects, those are: 1. Ideologi aspect, the lost meaning of bhineka tunggal ika. 2. Politic aspect, bureaucracy of Majapahit's government stated that king had the highest authority in the kingdom. 3. Economy aspect, the economy condition in Majapahit Kingdom had decreased. 4. In the aspect of social and culture, the decreasing of religious events. 5. The aspect of defense and security, the loosing of regions that were authorized by majapahit kingdom, those were: kalimantan, palembang, melayu, brunei.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak Perang Paregreg pada masa pemerintahan Wikramawardhana terhadap Poleksosbud dan Hankam Kerajaan Majapahit. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Historis. Tehnik Analisis Data yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perang saudara yang terjadi di Majapahit, berdampak pada bidang, yaitu: 1. Bidang Ideologi, hilangnya makna dari slogan Bhinneka Tunggal Ika. 2. Bidang Politik, birokrasi pemerintahan Majapahit menegaskan bahwa raja merupakan pemegang otoritas tertinggi di kerajaan. 3. Bidang Ekonomi, sendi perekonomian Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. 4. Bidang Sosial dan Budaya, berkurangnya acara-acara keagamaan yang dilakukan. 5. Bidang Pertahanan dan Keamanan, lepasnya wilayah - wilayah kekuasaannya Kerajaan Majapahit, yaitu : Kalimantan, Palembang, Malayu, Brunei.Kata kunci : majapahit, perang paregreg, poleksosbud dan hankam.
PENGARUH MODEL MURDER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS VII A SMPN 3 TUMIJAJAR TA. 2014/2015 Aimba Wati; Saiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.745 KB)

Abstract

The aim of this research was to find out the significant influence of MURDER (Mood,Understand, Recall, Digest, Expand, Review) learning model to the increasing of student learning motivation in seventh A class SMP N 3 Tumijajar in the academic year of 2014/2015. This study used experimental method, and the data analysis technique used descriptive quantitative by using paired t test. The data collective techniques were questionnaire, observation, and documentation. The result of the research stastically showed by the value of sig=0,00, means that there was a significant difference on student learning motivation between MURDER model on pre test and post test. It showed that MURDER learning model gives an influence in increasing the students motivation of social studies in Seventh A class SMP N 3 Tumijajar. The influence percentation is 51 %, and the rest is 46,9% caused by another unresearch factors.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan paired t test.Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan secara statistik diperoleh nilai Sig.=0,000, artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikansi pada saat pre test dan post test menggunakan model MURDER, artinya model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar. Besarnya pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap motivasi belajar pada Mata Pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar adalah 51,1% sedangkan sisanya 46,9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.Kata kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, pelajaran ips
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH Mega Lestari; Maskun Maskun; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.031 KB)

Abstract

This research aimed to know the significant effect of Discovery Learning Model toward the result of cognitive learning. The population of this research was all students of grade 10th of SMA Negeri 1 Merapi Timur in even semester of 2014/2015 that consisted of 4 classes. The sample of this research was determined by random sampling technique. This research used one group pretest posttest design. The result of data analysis showed that Discovery Learning Model has significant effect toward the result of cognitif learning and at the significant level is 0,71 with the effect of high interpretation.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Semester Genap 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Sampel ditentukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan taraf pengaruh signifikan sebesar 0,71 dengan interpretasi berpengaruh kuat.Kata kunci: discovery learning, hasil belajar kognitif, model pembelajaran
PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 WAY JEPARA Sevia Andriliani; Maskun Maskun; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.161 KB)

Abstract

The aim of this research was to know whether there was any significant influence and how much the influence of Jigsaw model toward students critical thinking. The data collecting techniques used were observation, test, documentation, and literature. The method in this research was Quasi Experiment. Based on the first hypothesis testing by using t-test, it was found that tvalue = 18.75 ttable= 1.701. Based on the second hypothesis by using correlation, it was found that rvalue= 1.00. According to that result, it can be concluded that Jigsaw model gives significant influence toward students critical thinking with the very strong of significant level.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan seberapa besarnya taraf signifikansi model Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis pertama menggunakan uji signifikansi dengan uji t, diperoleh nilai thitung= 18,75 ttabel = 1,701. Berdasarkan uji hipotesis kedua menggunakan rumus korelasi yaitu nilai r = 1,00. Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan taraf signifikansi sangat kuat.Kata kunci: berpikir kritis, model jigsaw, pengaruh
MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA KATOLIK DI PAROKI METRO Benedekta May Indrasari; Ali Imron; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.236 KB)

Abstract

The purpose of this research was to determine the process and the development of Catholicism in Paroki Metro. The method used in this study was historical while the data analysis technique was qualitative data and data collection technique used were interview techniques, literature, documentation and observation. From the results of this study, it concluded that the entry of Catholicism in Paroki Metro looks at the Dutch colonial in 1935-1941 through vigorous missionary role of religious teaching around the village and through the work of education. While the development of Catholicism in Paroki Metro looks after Indonesia's independence until now especially when G30 S/PKI event people increased around 6000 peoples. Developments were also seen in the growing of church building, active categorical group and more advanced education.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Masuk dan Berkembangnya Agama Katolik di Paroki Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, kepustakaan, dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masuknya Agama Katolik di Paroki Metro terlihat pada masa penjajahan Belanda tahun 1935-1941 melalui peran misionaris yang giat mengajar agama berkeliling kampung dan melalui karya pendidikan. Sedangkan perkembangan Agama Katolik di Paroki Metro terlihat setelah Indonesia merdeka hingga sekarang terutama ketika meletusnya G30 S/PKI yang mengalami peningkatan jumlah umat sekitar 6000 orang. Perkembangan juga terlihat pada jumlah bangunan gereja yang bertambah, kelompok kategorial yang aktif dan karya pendidikan yang semakin maju.Kata kunci : agama katolik, masuk dan berkembang, paroki metro

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue